26 Okt 2016

PROPOSAL KRIPIK KENTANG SYILALA




PROPOSAL KRIPIK KENTANG SYILALA
X IPS 5

No.
Nama
Deskripsi Tugas
1.
Wadifah Patriani
Produksi dan pemasaran
2.
Bela Mutiara  Launuru
Produksi dan pemasaran
3.
Ismul Azham
Produksi dan pemasaran
4.
Alfi Ersandi
Produksi dan pemasaran
5.
Muhammad Sultan Hafidtia
Produksi dan pemasaran
6.
Meriansyah
Produksi dan pemasaran
7.
Yuda Permana
DAFTAR ISI

DAFTAR ISI…………………………………………………………….…....1
BAB I PENDAHULUAN…………………………………...……………..... 2
A.    Judul Kegiatan…………………... ……………………….......................2
B.     Status Usaha……………………………………………………….........2
C.     Latar Belakang Kegiatan……………….……………………………....2 
D.    Tujuan Kegiatan…………...…………………………………….......... .2
BAB II METODE PELAKSANAAN……................................................... 3
A.    Produk………………………………………..................................….....3
B.     Bahan Baku……………………………..…………………………….. .3
C.     Proses Produksi………………………………………………………....3
D.    Pemasaran…………………………………………………………….....3
E.     Tempat Produksi…………………………………………………….......3
F.      Strategi Pemasaran……………………………………………………  3
BAB III Analisis SWOT…………………………………………......……..4
BAB IV RENCANA BIAYA………………………………………....... .....5
A.    Rencana Biaya Usaha………………………………………………….. 5
B.     Menghitung Harga Jual……………………………………….……..…5
BAB V ORGANISASI PELAKSANA………………………………...…...6
A.    Personal……………………………………………………………........6
B.     Struktur Organisasi………………………………………………..……6
BAB VI PENUTUP......…………………………………...……........……....6
A.    Lampiran……………………………………………..………………….6




BAB I PENDAHULUAN
A.    Judul Kegiatan
Usaha keripik kentang syilala

B.     Status Usaha
Usaha yang akan saya jalankan adalah usaha pengembangan.

C.    Latar belakang Kegiatan
              Di zaman  modern ini kita memasuki era globalisasi yang menawarkan banyak  hal-hal yang instan, tidak terkecuali makanan. Proses yang instan inilah yang cenderung menurunkan kualitas makanan. Meski begitu menjamurnya makanan-makanan instan menyebabkan beberapa makanan tradisional sering terabaikan dan menurun jumlahnya di pasaran. Pada gilirannya hal tersebut menyebabkan para pembuat makanan tradisional merugi.
         Ketatnya persaingan di pasar makanan tidak menyurutkan langkah kami guna  mencoba memproduksi suatu makanan tradisional yang tidak kalah menarik dengan makanan instan. Tentunya dengan harapan mampu bersaing dalam pasar makanan. Produk tersebut adalah “keripik kentang syilala”.
       Jenis usaha yang akan kami jalankan ini akan kami modifikasi dari segi bentuk maupun rasa sehingga mampu menghasilkan makanan yang berkualitas dan menarik. Adapun produk makanan ini kami beri nama “KERIPIK KENTANG SYILALA”.
        Usaha keripik kentang yang akan kami dirikan adalah jenis usaha makanan berskala kecil yang menjual/membeli berbahan baku camilan sehat dan enak. Alasan kami dalam usaha keripik kentang ini adalah kami dasarkan atas pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut :
1.            Makanan adalah suatau kebutuhan pokok manusia. maka dari itu kami membuat ide untuk menjual camilan yang sehat dan enak.  
2.            Bahan baku yang digunakan tidak terlalu sulit dan mudah didapat. kami hanya membeli kentang dan berbagai keperluan mengggorengsebagai bahan utamanya. Dan untuk lebih membuat pembeli tertarik kami melakukan promosi.
3.            Mengembangkan dan menuangkan kreativitas kami dengan bisnis ini, kami mencoba untuk pandai untuk memasarkannya.

D.    Tujuan Kegiatan
Tujuan dari didirikannya usaha keripik kentang syilala ini adalah :
1.      Untuk mengembangkan kreatifitas kami dalam bidang kewirausahawan.
2.      Memanfaatkan kebutuhan sekunder manusia sebagai ide menjalankan suatu usaha.
3.      Sebagai bentuk pembelajaran kami dalam berwirausaha.
4.      Menyelesaikan tugas sekolah
5.      Memanfaatkan bahan baku utama, talas sehingga menjadi makanan yang berkualitas
6.      Mencari keuntungan dari modal yang kecil
7.      Selain ingin mendapatkan keuntungan kami ingin mendapatkan berkah dalam usaha ini dengan moto “berbisnis juga beramal”.
8.      Memberikan kepuasan pada pelanggan

BAB II
METODE PELAKSANAAN
A.    Produk
Produk makanan yang akan kami jual adalah keripik kentang syilala rasa pedas. makanan-makanan ini bersifat universal, tidak hanya anak kecil yang menyukai tapi juga para remaja dan orang dewasa. Konsumen dari makanan ini adalah umum.

B.     Bahan Baku
Bahan baku utamanya adalah kentang. makanan bisa berbahan kering/basah. Untuk memperbanyak makanan bisa saja saya melakukan kerja sama dengan toko lain untuk menyetorkan berbagai macam makan ringan.

C.    Proses Produksi
Sebelumnya kami siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang    dibutuhkan yaitu:
- ½ kg kentang, cuci bersih lalu kupas kulitnya.
- Minyak goreng secukupnya
- 1 sdt kapur sirih, larutkan pada sedikit air
- Air secukupnya
- Bubuk penyedap rasa pedas.
Cara membuatnya:
·         Kentang yang sudah dikupas dan dicuci, iris tipis-tipis, bisa juga menggunakan akan pemotong kentang agar tipisnya rata
Siapkan air panas dan beri air kapur sirih, lalu masukkan kentang yang sudah diiris
·         Rendam kentang selama 30 menit.
Setelah itu, angkat dan cuci bersih kentang. Tiriskan
Siapkan minyak goreng panas dengan api yang tidak terlalu besar (sedang) lalu  goreng kentang dan pastikan kentangnya terendam minyak.
·         Goreng hingga kentang berwarna keemasan atau kuning.
Angkat, tiriskan.
 Taburi dengan sedikit garam, lalu taburkan bubuk penyedap rasa sesuai selera.

D.    Pemasaran
Segmen pasar yang dibidik adalah wilayah Mempawah. Diperkirakan dengan jumlah penduduk  jiwa jika 5% dari jumlah penduduk yang menjadi sasaran pemasaran tertarik pada usaha beli(keripik kentang), maka akan ada calon konsumen sebesar  konsumen. Strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan cara menawarkan barang kepada seseorang. Dengan asumsi konsumen orang, maka jumlah produk yang harus dihasilkan adalah kurang lebih  pasang per bulan.


E.     Tempat Produksi
Tempat produksi dilakukan di wilayah mempawah tepatnya di toko-toko terdekat dan sekolah. yang lebih sering banyak pembelinya. Dan menwarkan  melalui internet seperti Facebook, teitter, BBM.

F.     Strategi Pemasaran
1.      promosi
2.      Mendatangi langsung konsumen
3.      menitipkan ke warung
BAB III Analisis SWOT

1.      Strength
ü  makanan sudah menjadi kebutuhan pokok manusia jadi makananan terus dicari oleh banyak orang.
ü  makanan ini memiiki rasa yang unik dan lezat.
ü  Harga kripik talas ini cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat
ü  Kualitas dari kripik kentang ini sangat terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan kebersihan dan sesuai standar kesehatan
ü  Keripik kentang syilala dapat menjadi salah satu alternatif makanan ringan yang praktis dan hemat

2.      Weakness
ü  Perkembangan berbagai makanan sangat cepat sehingga menyulitkan untuk lebih mengembangkan ide yang lebih baru lagi.
ü  Banyaknya pesaing yang beroprasi didaerah tempat yang sama.
ü  Minimnya modal untuk tenaga kerja sehingga bahan yang diproduksi kurang banyak
ü  Bahan baku kripik kentang yang mudah rusak
ü  Kripik kentang akan mudah rusak jika penyimpanan yang dilakukan sembarangan atau di tumpuk

3.      Opportunities
ü  Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah kami untuk memasarkan produk
ü  Permintaan pasar yang semakin meningkat, Banyak diminati setiap orang dari mulai anak-anak, dewasa maupun orang tua

4.      Threat
ü  Perkembangan toples banyaknya penjual lain yang cepat membuat konsumen kita akan beralih ke jenis makanan yang lebih terbaru lagi
ü  Pesaing yang menjual produk sejenis semakin banyak



BAB IV RENCANA BIAYA
A.    Rencana Biaya Usaha
Rencana biaya usaha yang akan kami lakukan sebagai berikut :
1.      Biaya Operasi
a.       Bahan Baku
No.
Uraian
Vol
Satuan
Harga / Sat (Rp.)
Jumlah(Rp.)
1.
Kentang
Kg
2.
Minyak goreng
Liter
3.
Bumbu
Bungkus
4.
Gas
Total

b.      Bahan Pembantu
                                                           
No.
Uraian
Vol
Satuan
Harga/sat (Rp)
Jumlah
Total


A.    Menghitung Harga Jual
No.
Uraian
Jumlah Biaya (Rp.)
Kapasitas Produk
Biaya per Unit
1.
Biaya bahan baku per hari
2.
Biaya bahan tambahan per hari
Total biaya operasi per hari
Total biaya per bungkus
Margin keuntungan yang diharapkan
Harga jual produk per bungkus





BAB V
ORGANISASI PELAKSANA
A.    Personal
Personal pelaksana kegiatan usaha tersusun berikut :
No.
Nama
Deskripsi Tugas
1.
Wadifah Patriani
Produksi dan pemasaran
2.
Bela Mutiara  Launuru
Produksi dan pemasaran
3.
Ismul Azham
Produksi dan pemasaran
4.
Alfi Ersandi
Produksi dan pemasaran
5.
Muhammad Sultan Hafidtia
Produksi dan pemasaran
6.
Meriansyah
Produksi dan pemasaran
7.
Yuda Permana
Produksi dan pemasaran


BAB VI KESIMPULAN
            Demikian proposal usaha keripik kentang yang kami buat. Adapun tujuan proposal ini yaitu untuk memperkenalkan lebih detail tentang produk kami dan mengundang para investor untuk bekerja sama membangun usaha keripik kentang ini. Isi dari proposal ini yaitu terdiri dari perkenalan produk,proses produksi rincian biaya yang dibutuhkan dalam berproduksi, analisis SWOT produk hingga struktur organisasi pengelola.
            Semoga apa yang tertulis dalam proposal ini dapat di mengerti dengan mudah dan calon investor tertarik untuk bergabung dalam usaha ini. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.















Kegiatan
                                     Bulan



September
Oktober
November
Desember

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Tahap Perencanaan
















Tahap Produksi
















Promosi
















Pemasaran
















evaluasi


















2 komentar: